Halaman

Minggu, 04 Desember 2011

Sahabat yang Diam

 Sahabat baru gue di kampus, kita sebut aja namanya n, menangis bombay. Gue bingung banget. Dia sms gue bilang dia mau cerita sama gue. Tapi......gue sama dia beda jurusan. alhasil susah ketemu. Pas jam pertama matkul gue, gue ngelewatin kelas dia. Well, matanya gendut. Ketebak banget pasti abis nangis semalam suntuk!
Mau nungguin dia keluar kelas, eh dosen gue keburu dateng. Makin bingung dong. Khawatir sebenernya apa yang lagi ditangisin sama si n. Selesai jam, gue langsung meluncur menuju kelas berikutnya dengan niat terlambat sedikit dan nyari si n. Nah pas udah naro tas, terus keluar, eh ada dia dong.
Langsung aja gue samber. Gue todong. Niatnya sih mau investigasi, tapi terurungkan karena liat mata doi yang masih gendut. Huh! Nyaingin gue lu! Akhirnya gue tarik si n duduk dipinggir jendela. Si n masih bergeming. Di tangan kanannya, dia memeluk 1 pak tisu yang udah tinggal setengah. Gue menghela nafas pelan. Gue genggam tangannya.
Dia mulai bersuara. Gue rasa, tadi dia lagi berusaha membenarkan suaranya. Dia cuma gak mau nyampein energi sedih disuaranya ke gue. Well, biarpun baru 1 bulan deket, tapi gue udah ngerasa sayang banget sama si cewek hitam manis satu ini.
"Cowok gue, keterima STAN."
"And so?"
And gue salah ngasih pertanyaan. Airmata itu bergulir perlahan dari matanya yang terletak tepat di balik kacamata berbingkai hitam itu. Di sini, gue makin gak ngerti. Salah pertanyaan, udah pasti. Tapi lalu apa yang salah dari pertanyaan itu? Sejak kapan sih pertanyaan "And so?" bisa bikin airmata sukses mengalir di wajah seseorang?
Oke gue mulai menganalisa. Pacarnya keterima STAN. N udah pacaran sekitar 2 tahun dengan si cowok. Apa mereka bakal LDR? Jarak Al Azhar dengan STAN kan lumayan jauh. Oke sekarang gue tau letak kesalahan gue dimana.
Menit berikutnya, gue langsung menyambar tubuhnya. Gue peluk seerat mungkin. Cuma itu yang bisa gue lakuin sekarang. Biarpun gue kuliah jurusan Psikologi kan bukan berarti gue punya kata-kata super kerennya Mario Teguh.
Gue cuma mau membiarkan dia mengaliri semua rasa sedihnya ke gue. Gue harap ini ngebantu sih. Gue termasuk orang yang aneh kalau kata temen-temen gue. Gimana enggak, orang lagi nangis bukannya gue diemin malah gue suruh nangis sepuasnya.
Mix sense dong. Orang kan kalo lagi sedih memang butuh nangis. Selain pelukan dan rasa peduli. Biarin aja mereka menangis seperlunya. Seperti halnya orang yang sedang bahagia, dia bukannya gila. Dia hanya gak bisa berhenti tersenyum.
Orang yang sedang sedih, bukannya nangis berlebihan. Dia hanya gak bisa berhenti menangis untuk membuat keadaannya lebih baik.
Gue denger suaranya gak jelas ngedumel. Gue gak berusaha nanya lagi apa yang dia omongin. Biarin aja dia ngomel-ngomel gitu. Biar lega. Biar gak nangis lagi. Setelah lumayan tenang, gue lepas pelukannya. Gue liat wajahnya. Makin sembab.
"So?" gue kembali bersuara.
"Thanks for the hugs, the cares. For everything. Dan gak buat airmata lo Nis."
Damn! Gue nangis!
Dia kembali memeluk gue.
"N, ada dosen!" kata teman sekelasnya. Oke dia pun pergi ke kelasnya.
Gue masih terduduk. Sekomplikasi inikah kondisi seorang sahabat? Merasa empati. Seperti yang diceritain sama dosen gue, seorang Psikolog harus bisa berempati.
Tapi gue rasa ini lebih dari sekedar empati. Gue sayang sama dia. Gue hanya lalu bisa merasakan apa yang dia tularkan saat dia peluk gue.
Seorang sahabat, bukannya cuma bisa terdiam saat sahabatnya sedih. Tapi dia hanya terdiam dan berpikir apa lagi yang bisa gue lakuin buat ngapus airmata lo. Dan diapun hanya bisa bergerak memeluk sahabatnya. Dengan harapan, dia bisa merasakan kesedihan yang sahabatnya rasakan. Dan pastinya bisa mengurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar